Selasa, 20 September 2016

Pernah dengar tentang Sorowako nggak? Atau INCO? Atau Vale? Belum ngeh juga ya, kalau logam nikel tahu kan ya. Yep, Sorowako adalah bagian dari Kecamatan Nuha, yang terletak di Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu penghasil nikel utama didunia. Saat ini, kegiatan penambangan nikel di Sorowako dikelola oleh Vale Indonesia (dulu INCO), anak perusahaan multinasional Vale yang berkantor pusat di Brazil.


Pada mulanya saya juga belum ngeh kok dengan kota tambang yang satu ini, sampai sekitar setahun lalu saya ketemu Jenny (travenesia) dan dia cerita banyak banget tentang pengalamannya magang dan tinggal di Sorowako sana. Waktu itu saya belum kebayang seperti apa ya kota tambang itu, secara seumur hidup saya tinggal di Jawa dan nggak pernah sekalipun dengar tentang site tambang.

Akhirnya, akhir Maret 2013 lalu, setelah aksi heroik  ketinggalan bus Makassar-Sorowako, sampailah kami di kota kecil dengan aktivitas tambang yang sibuk: Sorowako. FYI, akses untuk menuju Sorowako dari kota Makassar bisa dengan dua jalur: bus atau pesawat. Bus Makassar-Sorowako rata-rata berangkat jam 16.30 dan 18.30 atau 19.00 WITA dengan waktu tempuh +- 12 jam . Kalau ketinggalan, berarti harus cari bis yang berhenti di tempat terdekat dari Sorowako, yaitu Mangkutana atau Malili, lalu dilanjutkan dengan angkutan Panther (semacam omprengan begitu).

Menurut pengamatan saya (pengamatan yang sangat sekilas, karena hanya 2 hari di Sorowako), Sorowako itu identik dengan tambang dan Vale. Sebagian wilayahnya masih berupa hutan dan bukit pegunungan Verbeek yang pastinya mengandung deposit nikel yang sangat besar.agi orang luar Sorowako, melihat lingkungan tambang Sorowako dengan kompleks perumahan yang mirip di luar negeri dengan rumah panggung berbahan kayu, halaman luas, dan lingkungan yang bersih, pasti menarik! Selain itu, Sorowako juga lekat dengan danau Matano, selain reputasi nya sebagai salah satu danau terdalam di dunia, Danau Matano juga merupakan sumber air tawar utama bagi masyarakat sekitar Sorowako dan menjadi salah satu pusat tempat rekreasi bagi warga masyarakat sekitar untuk menghilangkan jenuh setelah lelah dengan rutinitas.
Dan siapa pula yang menyangka, di sebuah desa kecil di pinggir Danau Matano sana, pada masa beberapa abad lalu pernah menjadi supplier utama senjata logam seperti tombak, pedang, baju zirah untuk Kerajaan Majapahit di ranah Jawa. Sorowako memang sesuatu bukan!

Desa Matano, Pantai Ide, Kompleks Perumahan Vale, Mata Air Bora-Bora, Air Terjun Mata Buntu, Wallacea Sawerigading Mining Park adalah beberapa hal yang bisa kita kunjungi selama berkeliling Sorowako. Selanjutnya akan dibahas di postingan selanjutnya ya🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar